Merancang Pembelajaran IPS dengan Google Slide. - Two -

 

Salam Literasi. Baca Terus Sampai Tuntas. Perbanyak Share. Bantu yang Lain Melek IT.

Ibu dan Bapak Guru Hebat…. Kali ini penulis ingin melanjutkan tutorial merancang pembelajaran IPS dengan aplikasi Google Slide. Aplikasi ini sangat mudah kita jalankan asalkan ada kemauan. Bahasa kerennya Easy Tools.

 

Langkah awal sebelum merancang, siapkan Buku Siswa IPS Kelas 9 yang bentuk digital. Buku Siswa ini yang resmi keluaran Kemendikbud dan sudah revisi terbaru. Silahkan download yang sudah dalam format Ms. Office Word. Jika masih dalam format PDF, Bapak dan Ibu Guru dapat mengkonversi ke bentuk Ms. Office Word dengan aplikasi online ILovePDF. Penulis merekom aplikasi ILovePDF karena mudah dijalankan. 

Apa gunanya Buku Digital siswa? Untuk mempermudah Bapak dan Ibu Guru hebat transfer materi ke layar Google Slide. Bahasa gak'ul-nya, gak usah susah-susah ngetik. Tinggal copas. Penulis yakin Ibu dan Bapak Guru paham hal ini.  

 

Jika Buku Siswa sudah siap, buka kembali layar Google Slide Mengenal Benua Eropa. Langkah pertama, memberi warna latar layar. Klik menu latar belakang. Lalu klik sub menu warna. Klik dan pilih warna hitam (tergantung selera dan ketepatan pemilihan warna perancang). Klik Selesai.

 

Langkah kedua, Menambah Sub Judul. Klik area Tambahkan Subjudul. Ketikkan Subjudul, contohnya Benua Eropa.

 

Langkah ketiga, memformat bentuk tulisan Subjudul. Blok Subjudul dengan cara meletakkan kursor tepat di garis area Subjudul, lalu klik.  

 

Lanjut, jika ingin membesarkan huruf, klik Font Size ( tanda -, mengecilkan ukuran. Tanda +, membesarkan ukuran) . Jika ingin mengubah huruf, klik Font. Jika ingin menebalkan, klik Tebalkan. Jika ingin memiringkan, klik Miringkan. Jika ingin menggaris bawahi, klik Garis Bawahi. Jika ingin mengubah warna teks, klik Warna teks. Semua format bisa dijalankan dengan syarat, teks yang akan diformat harus dalam keadaan di BLOK.

 

Untuk mengatur tata letak Subjudul dan teks lain nantinya, masih dalam keadaan di Blok, seret dan tahan teks ke tempat atau area yang diinginkan. Mudah bukan? Semudah menggoreng tempe dan tahu. Apalagi jika Anda sudah terbiasa memainkan tools untuk membuat rancangan presentasi lewat Ms. Office Power Point. Hehehehe…. Sekian dulu. Sambung lagi episode berikutnya. OK…

Komentar

  1. Jika ada pertanyaan dan lain-lain.... Silahkan ketik di kolom komentar ini....

    BalasHapus
  2. Terima kasih Pak Arif... tambahan ilmunya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih hadirnya. Pantau terus ya ... :)

      Hapus

Posting Komentar

Digital Laboratorium Home

Dari LabSchool ke DigiLabHome : Pembelajaran IPS Menyenangkan

Covid-19 Mengganas dan Momentum Membumikan Pendidikan Karakter

Merancang Pembelajaran IPS dengan Google Slide. - One -