Merancang Pembelajaran dengan Google Slide. - Five - . Memainkan Gambar Karakter dari Pixton Comic.

 

Salam Literasi. Baca Terus Sampai Tuntas Ya…. Jangan lupa share ke Komunitas Guru. Bantu Bapak dan Ibu Guru lainnya lebih Melek IT. Step by Step.

Ibu dan Bapak Guru Hebat…. Kali ini penulis ingin melanjutkan tutorial merancang pembelajaran IPS dengan aplikasi Google Slide. Aplikasi yang sangat mudah kita mainkan untuk merancang pembelajaran. Yakin, asalkan ada kemauan pasti bisa.

 

Rancangan aplikasi ini sebenarnya bukan hanya untuk Mata Pelajaran IPS. Mata Pelajaran yang lain dapat dirancang pembelajarannya dengan aplikasi Google Slide.

 

To the point, silahkan buka kembali draft (rancangan) yang sudah dibuat. Fokus dulu untuk merancang Slide 1. Kali ini tutorial mengarah pada cara menyisipkan gambar karakter ke layar Slide. Sebelumnya, geser dulu Judul dan Gambar Peta ke kiri layar.

 

Untuk menyisipkan gambar Pixton Comic, arahkan dan klik kursor ke menu Add-on. Lalu klik sub menu Pixton Menu Characters. Klik Open.

 

Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan bilah sisi Pixton Character. Klik Started.

Pilih dan klik salah satu Pick a Type (contohnya wanita dewasa). Klik dan pilih warna character (contohnya hitam). Klik dan pilih bentuk rambut (Contohnya keriting).

 

Lanjut klik dan pilih tampilan wajah/outfit (Contoh memakai ikat kepala). Beriktunya pilih dan klik gerak tubuh (Contoh menunjuk arah kiri).

 

Tunggu beberapa saat, maka karakter yang dipilih akan tampil di layar Slide. Blok karakter di tampilan layar Slide. Sesuaikan ukuran karakter dengan cara menarik sudut pojok ke dalam (mengecilkan), ke luar (menambah besar ukuran karakter). Jika ukuran dirasa cukup, geser dan kreasikan tampilan karakter menunjuk peta.

 

Hasil akhir tampilan karakter menunjuk peta terlihat jelas dan seimbang. Tambahkan model percakapan dengan klik Bentuk, klik Seranta, klik Seranta Awan. Tahan kursor di layar, seret ke arah mulut Karakter untuk membentuk karakter seakan bicara. Lepaskan kursor.  

 

Maka tampilan Karakter lengkap dengan Seranta Awan. Terakhir ketikkan kalimat Selamat Datang di dalam Seranta Awan atau terserah Bapak dan Ibu Guru. Caranya, klik 2 kali bidang tengah Seranta Awan dan setting seperlunya hasil ketikan. Maka hasil akhir terlihat interaktif. Menarik bukan? Bagaimana tampilan Slide 2? Tunggu episode berikutnya ya…. JJ


Komentar

Posting Komentar

Digital Laboratorium Home

Dari LabSchool ke DigiLabHome : Pembelajaran IPS Menyenangkan

Covid-19 Mengganas dan Momentum Membumikan Pendidikan Karakter

Merancang Pembelajaran IPS dengan Google Slide. - One -